Breaking News

Inilah, Penyebab Kucing Tidur Terus Menerus

Kucing adalah hewan yang sangat menggemaskan karena polah tingkah lakunya. Namun tidak sedikit dari pemilik hewan berkaki empat ini mengambil foto saat kucing tidur. Posisinya saat tidur akan membua kamu tersenyum sampai kebingungan karena posisi tidur kucing yang aneh, lucu dan menggemaskan.

Akan tetapi dari beberapa pemilik kucing menganggap bahwa peliharaan mereka tidur terlalu banyak. Nah hal ini kemudian menimbulkan kekhawatiran terhadap kondisi si kucing. Halaahh, sebenarnya apa sih penyebab kucing tidur terus-menerus? males banget keliatanya. Kamu yang ingin tahu jawabanya simak aja infromasi ini.

Penyebab kucing tidur terus menerus
gambar induk kucing yang sedang tidur bersama anak-anaknya

Penyebab Kucing Tidur Terus Menerus

– Bawaan Genetik

Sebagian besar orang percaya bahwa kucing itu merupakan hewan nocturnal, apa itu nocturnal? Nocturnal adalah mereka(makhluk hidup) yang terbangun dan aktif sepanjang malam. Padahal ini kurang tepat karena sebenarnya kucing meruapakan makhluk crepuscular yang paling efektid pada saat pagi hari dan sore hari adalah waktu yang paling mudah untuk mencari makan.

Nah hal ini yang mempengaruhi pola tidur kucing lucu ini. Mereka akan sangat aktif pada waktu pagi hari dan sore hari, sementara sepanjang hari akan digunakan untuk tidur para kucing.

– Menghemat Energi

Walaupun kucing terlihat sangat jinak dan lucu, namun kucing juga sebanarnya memiliki sisi psikis predator. Nah ini mengidikasikan bahwa binatang ini menghabiskan waktu untuk berlari dan memburu mangsa meskipun telah dipelihara di rumah(hewan peliharaan).

Kucing sebagai predator akan menghabiskan banyak energi untuk berburu, dan bersembunyi hingga mendekati lawan. Oleh karena itu, kucing butuh menyimpan dan menghemat energi agar tidak habis begitu saja yang salah satunya ditunjukkan dengan pola tidur terus-menerus.

– Cuaca dingin atau hujan

Ada penyebab lain kucing tidur terus menerus yaitu dipengaruhi oleh keadaan cuaca. Kucing kamu biasanya akan menghabiskan banyak waktu untuk tidur jika cuaca sedang dalam keadaan dingin atau sedang musim hujan.

– Kucing hamil

Kucing yang sering tidur terus-menerus juga bisa menjadi tanda atau ciri kehamilan pada kucing. Ini sering terjadi karena kucing hamil memiliki waktu tidur lebih panjang dari kucing biasa yang tidak hamil.

– Sakit atau gangguan lainya.

Kucing muda yang berusia 3 bulan atau lebih memiliki waktu tidur lebih panjang dibandingkan kucing dewasa atau tua karena hormon pertumbuhan akan dilepaska ketika mereka beristirahat. Kucing tua pada umumnya juga memiliki waktu tidur lebih lama dibandinkan kucing ewasa sebagai akibat proses penuaan yang dialami kucing.

Pada dasarnya pola tidur yang lama memang merupakan salah satu hal normal untuk kucing. Akan tetapi bila kucing kamu tidur secara terus-menerus dan melebihi waktu yang seharusnya, mungkin ini adalah tanda kucing sedang sakit. Apabila waktu tidur kucing ini diiringi dengan tanda-tanda kucing lemas dan tidak bergaiarah apalagi kucing tidak mau makan, mungkin ini saatnya kamu membawa si kucing ke dokter hewan terdekat di kota kamu.

– Anemia pada kucing

Kucing tidur terus-menerus juga dapat disebabkan oleh anemia yang sedang menyerang si kucing. Apabila ini yang terjadi segera periksa gusi sang kucing kamu. Kamu yang menemukan bahwa gusi si kucing lebih pucat dari biasanya harus segera waspada karena kemungkinan kucing terserang anemia. Segera bawa ke dokter langganan di kota terdekat kamu, karena jika penanganan terlambat bisa menyebabkan kematian.

Kamu yang sekarang tahu penyebab kucing tidur terus-menerus tidak perlu khawatir lagi! Kebiasaan tersebut tidak selalu merupakan tanda-tanda buruk bagi si kucing dan mungkin merupakan bagian dari pola hidup dan genetik yang dimilikinya. Nah semoga bermanfaat dan jangan lupa bagikan(share) artikel ini ke teman-teman pecinta lainya agar tau informasi penting ini.

X CLOSE
Advertisements

15 comments

  1. Avatar of muhammad habib

    ternyata kucing yang anemia bisa susah tidur thoo baru tahu

  2. Avatar of ridwan nur

    kucing ane tidur terus
    saking lucu nya tiap tidur ane foto gan haha
    tapi kayaknya dingin penyebabnya

  3. Avatar of arjuna rafi

    Biasanya salah satu faktor utamanya karena cuaca.Gue punya kucing jenis anggora 3 ekor. Kadang , kalo lagi sering sering nya hujan , itu kucing kalau dipanggil sampai budeg . Mungkin faktor cuaca tsb sehingga kucing merasa nyaman tidur dengan kondisi seperti itu.

    Cc : Arjuna Rafi

  4. Avatar of faik hikma

    Kucing say a lemes gak mau makan bab nya itu encer kalo jalan jatuh jatuh

  5. Avatar of emma

    Kemungkinan itu terserang virus distemper, seperti 2 ekor kucing sy yg sudah tiada. Juga awalnya sprt itu n bertahan 1 sampai 2 bln aja.

  6. Avatar of dian

    Kira2 berapa biaya cek ke DRH…?kucing saya tidur terus,lemas dan jarang makan

  7. Avatar of sriantesar

    Kucing sy ssh mkn, GK bab GK kencing, cm TDR mlu, pdhal udh k dokter kmrn , apa efek dr obat ya ?

  8. Avatar of synyster

    min, kucing ane umur 2,5 bulan, biasanya dia main terus,eh besok nya kok dia jadi tidur terus ya sampe hari ini pun tidur mulu,trus klo bangun tidur pas pagi jalannya oleng/puyeng gitu sprti orng mabok,,makan lancar2 aja. Itu sakit atau apa ya? trims

  9. Avatar of nakeysha

    Kucing ku hari ini tidur trz gk kyk biasanya kemarin malam itu dia baru tidur jam 2 pagi pasti itu penyebab nya

  10. Avatar of dhea

    Kucing saya juga pernah begitu, ternyata itu karena abis disuntik.. Kalo bukan karena suntik, Bisa juga efek obat mba… Tapi ttp harus makan minum , buang air , lhoo… Kalo gamau makan, makanannya diencerin jadi bubur, trus disuapin pake suntikan yang gak ada jarumnya mbak.

  11. Avatar of septi

    Minn.. Kucing saya diare udah saya kasih obat tapi gak mau makan, sma minum, badannya masih lemes bangett,, tidur terus.. Ndak bab sma bak juga,,.. Gimana yha min?

  12. Avatar of fanny

    Aduh kucingku jg gtu. Itu diobati pakai apa”

  13. Avatar of najmei

    Kucingku abis d tabrak mbl n kaki belakangnya ga brfungsi dgn baik lg,,,, udah kedokter,,,, kucingku mam tp hnya dikit,,,, bab n buang air kecil lancar,,,, dia tdr mulu n ga mau minum,,,, jd ga tega,,,, Kira2 kucingku akan bertahan lama or ga ????

  14. Avatar of sindy

    Kucing saya tidak mau makan trus kalo jalan oleng itu knapa ya? Trus gimana cara mengatasi.nya?

  15. Avatar of nurlita sari

    Kucing saya lemas dan sllu tidur,disertai demam itu dia sakit apa ya kira kira??

Leave a Reply

Your email address will not be published.