Breaking News

Ciri – Ciri Kucing Sakit Mata dan Cara Merawatnya

Inilah Penyebab dan Cara Mengatasi Kucing Sakit Mata – Pada Saat ini banyak sekalo orang yang memiliki hewan peliharaan salah satunya adalah kucing. Hewan dengan suara ciri khasnya yaitu mengon ini sangat terlihat menggemaskan dan lucu saat melakukan aksi lucu yang di lakukan oleh kucing lucu seperti mengajak ingin bermain. Namun saat memelihara kucing, ada pula kalanya terdapat beberapa kendala sakit mata.

Kucing sakit mata
gambar kucing sedang di obat tetes mata.

Penyebab Kucing terkena sakit mata biasanya dari kotoran atau debu. Apabila kotoran yang ada atau menempel dimata kucing yang dibiarkan saja dan menempel, lama kelamaan akan menimbbulkan kerak menghitam dan mengeras (ketep). Kotoran yang menjadi kerak akan mengandung kuman dan bakteri di area mata yang dapat menyebabkan kucing belekan atau matanya berair secara terus menerus. Apabila tidak diobati dengan segera, maka yang akan terjadi kucing dapat sakit mata yang cukup parah.

Untuk itu, kali ini maniakucing akan membahas tentang cara mudah mengobati atau menangani kucing yang terkena sakit mata beserta ciri – cirinya. Catlovers juga dapat menanganinya tanpa harus pergi ke dokter hewan untuk menghemat anggaran atau kocek anda. Penasaran yah ? yuk mari simak di artikel Ciri – Ciri Kucing Sakit Mata dan Cara Merawatnya.

Cara Terbaik Mengobati Kucing Sakit Mata

1. Membersihkan Mata Kucing Yang Sakit

Bila mata kucing yang sakit terlihat belekan, segeralah untuk membersihkan dan lebih memperhatikan kucing. Agar tidak melukai atau membuat mata kucing terinfeksi, bersihkan dengan kapas atau kain halus. Cara awal yang dapat dilakukan agar mencegah kucing sakit mata agar tidak menjadi lebih parah yakni dengan membersihkan mata kucing anda dari belekan.

2. Menaruh Kucing di Kandang Agar Kucing Sakit Mata Tidak Menular

Cara kedua yang dapat dilakukan yakni dengan memisahkan kucing yang terkena sakit mata dengan kucing lainnya. Caranya gampang, dengan menaruh di kandang yang berbeda agar tidak menulari kucing yang sehat lainnya. Apabila anda hanya memiliki seekor kucing saja, lebih baik untuk menaruhnya di kandang dan perhatikan kebersihan kandan juga. Apabila kucing dibiarkan berkeliaran, akan ada kemungkinan bermain di tempat yang kotor yang dapat mengakibatkan atau memperparah penyakit mata yang diderita oleh kucing kesayangan anda.

3. Memberi Obat Untuk Kucing Sakit Mata

Tips Mengatasi kucing terkena sakit mata selanjutnya adalah dengan cara memberikan obat, apabila terlihat mata kucing sudah tertutup karena belekan (Termasuk Ketep). Anda bisa menggunakan daun sirih sebagai obat alternatif yang tidak memiliki efek samping karena terbuat dari bahan alami. Seperti yang anda ketahui bahwa penyakit mata atau belekan pada kucing dapat disebabkan karena adanya virus dan mengatasinya dengan cara memberikan antibiotik.

Daun sirih yang mengandung antibiotik yang cukup baik untuk mengatasi berbagai penyakit. Hal pertama yang harus dilakukan yaitu dengan cara membersihkan belekan menggunakan kapas lalu usap secara perlahan hingga bersih.

Kemudian siapkan daun sirih yang sudah dipetik dan dibersihkan dengan air bersih dan direbus hingga air mendidih. Air hasil rebusan daun sirih tersebut yang sudah dingin lalu di teteskan pada mata kucing yang sakit (belekan). Obat lainnya bisa menggunakan Teramicin yang dikhususkan untuk mengatasi mata kucing yang sakit atau belekan.

Obat sakit mata Teramicin dapat anda jumpai di apotik terdekat di rumah anda dan harganya pun cukup terjangkau (murah). Setelah mengoleskan obat tersebut, tunggu hingga beberapa saati sampai belekan pada mata kucing yang sakit mulai berkurang pada bagian mata. Berikan obat ini 1 hari sekali, bila tidak kunjung sembuh juga lebih baik membawanya ke dokter hewan terdekat.

Setelah membahas artikel tentang Ciri – Ciri Kucing Sakit Mata dan Cara Mengatasinya, dapat disimpulkan bahwa catlovers harus memperhatikan hewan peliharaan yang anda sayangi agar tidak terkena penyakit ini. Semoga Informasi yang maniakucing berikan dapat mengatasi masalah catlovers.

X CLOSE
Advertisements

17 comments

  1. Avatar of afif

    makasih infonya

  2. Avatar of yoo a

    Kalau mata kucing tu macam, mata dia tertutup separuh oleh benda putih dalam mata dia tu, macam mana ? Kenapa jadi macam tu ? My cat, eyes dia dua-dua macam tu. Lingkaran mata dia merah and benda putih dalam mata dia cover half of his eyes. Risau juga tengok dia macam tu.

  3. Avatar of biantoro

    Apakah mata kucing ragdoll selalu berair dan belelan ?

  4. Avatar of biantoro

    Belekan maksudnya

  5. Avatar of wiwik

    @Yoo A Kalo mata kucing tertutup putih2nya, kemungkinan dia sedang sakit flue. Lebih baik di bawah ke dokter hewan.

  6. Avatar of aprilia adifa

    kalo saya menemukan kucing di jalan dan dia seperti habis tertabrak ,dan 1 mata sebelahnya pun tertutup dengan darahnya ,dan kucingnya selalu muter muter dari kmrn malam ,kasihan gimana ,tolong bantu ya

  7. Avatar of farhan

    Daun sirih hijau atau merah?

  8. Avatar of syarif

    Kalau kucing tertup mata nya dengan kemerah merehan tp cuman setengah saja dan tertutup dua dua nya dengan mata kemerah merahan dan umur msh 1 sampai 5 ? Apakah itu penyakit dari lahir ap penyakit terkena kotoran atau debu

  9. Avatar of ikhmal

    Kalau kucing Baru lahir yang dipisahkan dengan ibu . Kucing tu sebelah mata tutup sebelah buka nak kata cacat atau sakit tahu tak mcm mana ? Sebab dia kecik sangat

  10. Avatar of kas

    Gan ane pnya anak kucing udh 2 bulannan blm melek” ..pas udh satu bulan matanya pengen ane bersihin…eh malahn keluar nanah dari matanya

  11. Avatar of sukma ayu

    Kalo bayi kucing belekan kluar nanahnya gimana yh cara ngobatinya?apa masih bisa lihat

  12. Avatar of falizus

    Mata kucing saya berair, boleh ke ubat mata manusia.?

  13. Avatar of bihah

    Kucing saya masa Hari pertama Lahir dia dah bukak mata tapi kecil je ..tapi Mata dia kelabu..2 ,3 Hari lepastu keliling Mata dia Ada kesan darah Mata dia pun Luka ….(sebelah mata?) What should I do 😭 ????

  14. Avatar of eza bakri

    Kucingku baru lahir..2 anak kucing yg lainya matanya sudah bisa kebuka.. Tapi ada 1 anak kucing kenapa belum kebuka sendiri.. Itu kenapa ya? ..

  15. Avatar of nisa

    Bagaimana kalau kucing itu sampai mata berdarah sebelah dan selesma

  16. Avatar of issabela

    Kalo di mata kucing ada belekkn besar dari biasanya trs di matanya ada yang putih*nutupin separuh mata bawahnya gmna?

  17. Avatar of muhiban tungkling
    muhiban tungkling

    bgaimana bila mata kucing hampir tertutup selaput dalam yg warna putih?? apa dia sakit??

Leave a Reply

Your email address will not be published.