Penyebab dan Cara Mengobati Distemper Pada Kucing (LENGKAP!!)

Ada yang tahu apa itu distemper pada kucing? Distemper adalah penyakit yang membahayakan pada hewan kesayangan anda yang mana menyerang saluran pencernaan, pernapasan dan sistem saraf pusat. Virus distemper ini juga bisa menyerang ke semua umur loh! Namun paling sering menyerang pada kucing yang umurnya masih terbilang muda atau anakan karena daya tahan tubuhnya masih lemah.

Virus ini bisa ditransmisikan melalui aerosol (udara), dimana droplets tersebut berasal dari napas atau sekresi nasal hewan penderita distemper. Distemper (Feline Panleukopenia) ini merupakan penyakit yang sangat fatal karena sering menyerang saluran pernapasan , saluran cerna dan sistem syaraf pusat. Penyakit jenis ini bisa menyerang kucing di berbagai usia. Akan tetapi ini sering menyerang kucing berusia di bawah 1 tahun apalagi di bawah 5 bulan.

Penyebab Penyakit Distemper

Penyakit distemper pada kucing juga sangat terkenal dengan sebutan Feline Planleukopenia Viurs (FPV) atau Feline Distemper. Penyakit jenis ini disebabkan oleh virus bernama Feline Parvo yang mana bisa menyerang kucing lokal maupun ras lain sekaligus yang memiliki penyebaran yang sangat cepat.

Mengobati distemper pada kucing
gambar mengobati distemper pada kucing

Virus yang mematikan ini bisa menular dari satu kucing dan kucing lainnya melalui banyak perantara, seperti gigitan kutu, udara, kotoran, air liur, bekas makanan, dan lain sebagainya. Virus jenis ini memang sudah tertanam dalam tubuh pada setiap kucing, hanya saja dalam kondisi kucing “tertidur” serta terkontrol oleh sistem imun kucing.

Akan tetapi daya ketahanan tubuh kucing akan melemah ketika ada perubahan cuaca serta dapat menghidupkan virus ini di dalam usus. Jika hal ini terjadi, maka virus akan segera membelah diri untuk menyerang organ tubuh kucing mulai dari usus hingga sampai ke otak.

Seekor kucing yang sudah berumur atau dewasa dan sudah mengalami vaksinasi, memiliki kemungkinan selamat dari serangan virus ini, sementara untuk kucing yang masih anakan dan belum divaksinasi justru berpotensi kematian hingga 90% jika terkena penyakit ini.

Gejala Distemper

Gejala klinisnya berhubungan dengan adanya penurunan leukosit (sel darah putih), Feline Infectious Enteritis karena gejala klinis ini pada saluran pencernaan terutama pada usus. Feline Parvovirus ini merupakan penyebab distemper kucing adalah virus Parvo. Gejala atau tanda-tanda lainya sebagai berikut ini :

  1. Kucing terlihat depresi
  2. Kucing menjadi sangat lemas dan lesu
  3. Kucing tidak mau makan (tidak nafsu makan)
  4. Kucing tidak mau minum sama sekali
  5. Kucing mengalami demam tinggi
  6. Kucing suka menyendiri di tempat yang dingin seperti di kamar mandi
  7. Kucing mengalami diare yang disertai muntah berwarna kuning
  8. Kucing mengalami kejang-kejang
  9. Kucing dehidrasi
  10. Rambut kucing terlihat kasar,kusut, atau terlihat matte.
  11. Beberapa kucing mengalami malfungsi hati sehingga terjadinya Jaundice atau biasa disebut kekuningan di area telinga/leher/wajah.

Penularan Distemper

Virus ini menyebar melalui udara dan paparan terhadap droplet. Perkembangan virus jenis ini dalam tubuh sangat tergantung dari kondisi si kucing yang terinfeksi. Jika si kucing memiliki kekebalan tubuh yang kuat maka si kucing akan menjadi subklinis dan sel yang telah terinfeksi akan lisis atau terjadina neutralisasi virus.

Jika respon imun gagal, maka akan membawa si kucing pada kematian dalam waktu 2-4 minggu setelah terkenanya distemper, dan jika respon imun kucing lemah maka akan bertahan lebih lama.

Penyebaran virus distemper ini dalam tubuh melalui jaringan limfatik via viremiua yang menuju traktus respiratorius, gastrointestinal, urogenital dan terakhir pada susunan saraf pusat pada kucing. Perjalanan penyakit distemper mulai terlihat setelah 6 hari post infeksi yang mana akan terdapat nasal dan ocular discharge, kucing akan terlihat depresi serta anoreksia. Kemudian infeksi ini akan cepat menyebar ke saluran pencernaan dan saluran napas.

Infeksi tersbut juga bisa diikuti dengan infeksi bakteri. Infeksi ini akan berlanjut pada susunan saraf pusat, akan tetapi tidak selamanya infeksi ini diawali dengan infeksi sistemik.

Pencegahan Distemper

Langkah yang tepat untuk pencegahanya yaitu si kucing harus sudah mendapatkan vaksinasi Distemper sebelum usia 2,5 bulan.

Cara Mengobati Distemper Pada Kucing

Distemper pada kucing
ilustrasi distemper pada kucing

Penyakit yang memiliki julukan sebagai pembunuh kucing No.1 di dunia ini memang masih belum ditemukan cara mengatasi virus ini secara efektif dan cepat sembuh. Yang kita harapkan adalah tubuh kucing bisa melawan penyakit ini dan dapat bertahan hidup karena semua tergantung pada kemampuan si kucing untuk hidup.

Akan tetapi ada beberapa cara menyembuhkan penyakit distemper pada kucing ini yang bisa kamu lakukan yaitu dengan memberikan antibiotik sehingga sistem imun tubuh kucing dapat meningkat sehingga menjadi lebih baik. Kamu juga bisa memberikan vitamin A dan B guna membantu mengurangi serangan penyakit ini. Dokter juga biasanya akan memberikan obat anti daiare dan muntah untuk mengurangi gejala dari penyakit ini.

Jika setelah melakukan cara diatas si kucing tidak terjadi perubahan perilaku seperti, nafsu makan meningkat, dan mau minum lebih dari 3 hari. Kondisi seperti ini menandakan bahwa si kucing mengalami kesakitan yang parah, segeralah bawa kucing kamu ke dokter hewan terdekat di kota kamu agar dokter bisa memeriksa lebih lanjut dan memberikan pengobatan yang tepat.

Nah, itulah artikel mengenai cara mengobati distemper pada kucing yang sudah kamu baca, semoga kucingmu cepat sembuh dan tidak menular serta tidak terkena penyakit mematikan ini. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk bagikan atau share artikel ini ke teman-teman pecinta kucing lainnya yah! Agar teman-temanmu tahu informasi penting ini. Terimakasih.

X CLOSE
Advertisements

24 comments

  1. Avatar of elly

    Terimakasih

  2. Avatar of niar

    Kucing aku ras anggora baru aja mati karna virus ini. Bener bener udah komplikasi akut dan intoleran dengan obat serta penanganan apapun. Hari kamis pagi opname kemudian jumat sore mati. Dan meskipun udah mati, jasadnya masih banyak ngeluarin darah seger yg itu entah keluar dari telinga atau mulut (karna posisi jasad miring ke kiri dan darah udah menggenang di dasar plastik). Hancur hati ini melihat kucing kesayangan mati dgn kondisi seperti itu.

  3. Avatar of ana rufaida

    Min, kucing aku blasteran angora. Dia masuk umur dua bulan ini. Tadinya lincah sekarang kok lemes kaya ciri ciri di atas. Dia masih mau makan sih sm minum. Tapi tengah malem tadi tiba2 teriak2 heboh sendirian di pojokan. Dan ketika kuperiksa lemes bgt dan telapak kaki nya dingin bgt. :((

  4. Avatar of salwarosa

    Apakah jika kucing dinyatakan sembuh distemper, penyakit ini akan kambuh lagi dan mengakibatkan kucing meninggal ?

  5. Avatar of anabul

    Cara pengobatannya gimana om?

  6. Avatar of fafa

    Kucingku pernah ngalamin ini dan alhamdulillah sembuh. Sekedar bagi2 tips aja. Buat yg punya kucing, harus perhatian. Ada perubahan sedikit saja, seperti lemes, tiduran terus, kaki lemes, nafsu makan berkurang. Langsung berikan kuning telur/vco (beli di apotek) sekitar 28rb an. Jangan tunggu beberapa hari, apalagi kalau sudah diare. Beri rutin pagi, siang, sore, malem tp dg porsi sedikit/sedang. Bisa dicampur dg makanannya. Kalau tidak mau makan, harus disuapin. Setidaknya kuning telur/vco nya masuk ke tubuhnya. Kucingku 3 hari kemudian sembuh udah lincah lagi. Tp kalau sudah muntah2, diare, gk mau makan bahkan minum. Cepet bawa ke dokter. Kalau ciri2nya udah seperti itu vco sama kuning telur responnya sangat kecil dan lama2 bisa mati. Semoga manfaat

  7. Avatar of ayu ratna

    Kaya tempat mamaku juga kena virus itu tapi dah sembuh..

  8. Avatar of wahid

    Saran saya untuk kebaikan kucing lebih baik dibunuh aja gak dari pada dia kesakitan apalagi yang di daerah perkampungan kayak saya sulit sekali menemui dokter hewan udah itu jarak nya juga terlalu jauh

  9. Avatar of rochmah

    Kucing qu ga selamat, padahal udah di bawa ke dokter, sudah di telatenin makan sama minum.a eh malah makin sekarat sampe2 maaf biji titit.a di belatungin. Ya Allah sampe ngenes bgt ngeliat.a.. 3 hari setelah dari dokter dia mati… Sedih rasa.a kucing kesayangan mati…

  10. Avatar of rio

    Kucing saya baru saja mati krn distemper
    Umurnya baru 2,5 bln…
    Sangat terpukul saya melihat kondisi mati dlm pelukan saya!

  11. Avatar of linda

    Sama kucingku ga slamat, nyesek sedih ancur prasaan ini ngliat kucing ksayanganku sakit sampai ajalnya. lebih mnyesal lg aku blm smpet bawa k dokter

  12. Avatar of m

    Jangan main Tuhan

  13. Avatar of hsdhcjdj

    matamu a. ojok goblok

  14. Avatar of riri

    Kucingku 4 hari nggak mau makan selama itu cuma aku kasih kuning telur sama habbatus/jinten hitam berhubung pinggir mulutnya ada lecet/infeksi aku bersihin pake kapas lanjut dioles minyak butbut 3x sehari. Alhamdulillah hari ke 5 sudah mulai makan sedikit. Saranku harus telaten sabar ngurus kucing sakit spt ini.

  15. Avatar of daniel

    Semoga otakmu yg kena !!!

  16. Avatar of nikadek

    Kucingku dari pagi jalannya nunduk terus terus sempoyongan kalau mau makan dia gemetar gitu

  17. Avatar of nikadek

    Kucingku dari pagi jalannya nunduk t terus sempoyongan kalau mau makan dia gemetar itu kenapa ya

  18. Avatar of tia

    Tapi virus nya ngak bakal nyebar ke manusia kan?

  19. Avatar of tiara

    Cara nya gimana plis,jawab yaaa😭

  20. Avatar of ken rengganis

    Nyesek bgt rsnya saat dtggl kucing ksyngan..g mau mkn 4 hr..mau dtggl krj ngeliatin q smbil netesin air matanya…trnyata dia pamit utk yg trkhr kalinya😭

  21. Avatar of rara ayu

    makasiiii kak, semoga kucingku bisa sembuh kak😭😭

  22. Avatar of henny utami

    Hallo kak maaf mau tanya, merk vco yang beli dari apotek namanya kak ?
    Dan bisakah saya meminta akun ig atau medsos yg lain untuk menanyakan hal ini ?
    Semoga kk berkenan membantu, kucing saya saat ini sedang mengalami hal ini.
    Terimakasih kak, semoga sehat selalu

  23. Avatar of henny utami

    Hallo kak
    Maaf kak bisa minta akun ig atau medsos lainnya ?
    Saat ini saya sedang bingung karena kucing saya mengalami gejala seperti ini. Mau membawa ke drh harus kluar kota.
    Tolong bantu saya beri info pengobatannya kak 😢
    Terimakasih kak, stay healthy 🙏

  1. Pingback: Cara Menyembuhkan Distemper Pada Kucing - Danajets.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.