Breaking News

7 Cara Mengobati Kucing Sakit Demam Panas

Cara mengobati kucing sakit demam yang memang suhu badan yang cukup tinggi ini bisa dapat membantu kekebalan tubuhnya agar berfungsi lebih efektif, akan tetapi demam yang cukup tinggi juga memiliki efek yang merugikan bagi si kucing lho!

Cara Mengobati Kucing Sakit Demam

Cara mengobati kucing sakit demam
gambar kucing yang sedang sakit terkena demam.

Sebelum membahas cara mengobatinya, kamu bisa membaca ciri-ciri kucing sakit demam panas. Karena penyebabnya memang bervariasi, contohnya seperti peradangan, infeksi jamur, virus penyakit, kekebalan tubuh yang menurun, hingga alergi pada obat-obatan.

1. Memberikan Air Putih Yang Cukup

Memberi air minum ini untuk mencegah dehidrasi ketika kucing sedang demam. Kamu bisa menyediakan air minum yang banyak, nah hal ini juga merupakan salah satu tips untuk mengatasi kucing terkena demam tanpa memberikan obat.

Baca juga : Daftar Harga Makanan Kucing LENGKAP!

2. Memberi Suplemen Energi dan Vitamin B

Kamu bisa memberikan si kucing selain obat-obatan lho! Berikan suplemen energi dan vitamin B untuk meningkatkan nafsu makan kucing kamu. Pada umumnya kucing tidak mau makan karena badan kucing yang kurang sehat. Jika dibiarkan saja dan jarang makan, kondisi tubuh kucing akan semakin memburuk dan memburuk. Selain bisa untuk menambah nafsu makan, suplemen energi dan vitamin B juga bisa memberikan nutrisi yang lebih yang memang tidak didapatkan pada makanan kucing biasanya.

3. Mendinginkan Tubuh Kucing

Kenapa mendinginkan tubuh kucing juga bisa mengobati kucing sakit demam? Ya ini juga merupakan salah satu cara alternatif selain menggunakan obat yaitu dengan mendingkan suhu tubuh kucing yang terkena demam. Caranya bagaimana? Gampang kok, tinggal bawa aja si kucing ke tempat yang sejuk, atau bisa juga dengan meletakkan kipas angin ke tubuh kucing.

Baca juga : Penyebab dan Cara Mengobati Kucing Keracunan

Kalau masih kurang dingin, kamu bisa memberikan bantalan es pada tubuhnya atau cakar kucing. Nah, ketika kucing kamu tidak berontak atau rewel. Cobalah untuk membasuhkan tubuhnya dengan air, karena penguapan cukup efektif mendingkan suhu badan kucing yang berlebihan.

4. Memilih Obat Anti Demam yang Aman(Khusus Kucing)

Selain menggunakan cara alternatif diatas, kamu juga bisa memberikan obat anti-demam yang baik, salah satu obatnya yaitu tolfenamic acid, kenapa? Karena bisa menangani berbagai permasalahan demam termasuk tumor,infeksi, trauma dan jenis penyakit pada kucing lainnya.

Obat Tolfenamic acid juga bisa diberikan ke kucing yang terkena demam dengan dosis 1tablet untuk 3 sampai 5 hari dan khusus untuk berat badan kucing yang hanya 1,5kg bisa diberikan 1 tablet per hari. Nah kalau kucingnya memiliki berat badan mencapai 4 sampai 5Kg, kamu bisa memberikan 3 tablet dalam seharinya.

Ingat berikan secukupnya jangan berlebihan.

5. Obat Meloxicam

Selain menggunakan obat Tolfenamic acid, obat meloxicam juga obat yang cukup efektif untuk meredakan demam kucing loh! Obat ini tidak digunakan untuk kucing saja, tetapi untuk anjing juga bisa kok, berikan 1,5mg/ml setelah makan. Nah, ini yang terpenting, kamu harus memperhatikan dosisnya ya! agar tidak overdosis.

Kamu harus memperhatikan bahwa memberikan meloxicam pada kucing kurang lebih 0,5mg/ml agar tidak over dosis. satu hal lagi bahwa jika kucing kamu kekurangan cairan, kamu tidak boleh memberikan obat ini. Ini bisa berakibat sangat fatal dan memang berdampak gagal ginjal yang disebabkan karena kekurangan cairan sehingga fungsi pada ginjal menjadi lebih lemah serta pasokan dara pada ginjal itu kurang.

6. Tingkatkan Nafsu Makan Kucing

Karena kucing yang sedang sakit itu memang susah untuk makan, kamu harus berusaha untuk meningkatkan nafsu makan kucing agar kucing cepat sembuh dikarenakan asupan makanan banyak yang memang menjadi sumber energi utama pada kucing.

Kamu bisa membaca penyebab dan cara mengatasi kucing tidak mau makan

7. Bawa ke Dokter Hewan

Ini adalah cara jitu terakhir jika semua yang dilakukan sudah tidak memiliki harapan lagi. Setidaknya kamu menunggu dalam waktu 24 jam untuk diobati dirumah tanpa ke dokter hewan terlebih dahulu.

Jika dalam 1 hari tidak memberikan efek positif, segeralah bawa ke dokter hewan terdekat di kota kamu, agar bisa ditangani dengan cepat.

Nah, itulah 7 cara mengobati kucing sakit demam panas yang bisa diberikan oleh kucingindonesia.com Semoga kucing kamu cepat sembuh yaa! Dan jangan lupa bagikan atau share artikel ini ke teman-teman pecinta kucing lainnya, agar mengetahui info penting ini, sekian dan terimakasih.

X CLOSE
Advertisements

43 comments

  1. Avatar of rina

    Pertolongan pertama utk kucing yg terkena otitis bgmn?

  2. Avatar of opik

    Obat yang sangat ampuh apa gan karena kucing tidak mau makan??? Penting gan kasihan kucing persia saya

  3. Avatar of irma

    Kucing saya demam, terus gak makan/minum. Nafas nya jg kaya tersengal2. Kenapa ya? Pengobatan nya gmn?

  4. Avatar of kucingindonesia. Com

    dibawa ke dokter hewan. karena untuk pengobatan sendiri dirumah tidak mesti selalu berhasil.

  5. Avatar of rachma wati

    Kucing saya badannya lemas terus kadang panas nya turun kadang panasnya lumayan tinggi kadang suka muntah aer tapi masih mau makan/minum cuma suka gaabis cara penanganannya gimana ya

  6. Avatar of kucingindonesia. Com

    jangan diberikan air keran, jangan boleh minum air belum matang seperti air dari keran, wc ,dll
    usahakan taruh si kucing ditempat yang hangat, tidak lembab dan dingin.

  7. Avatar of danu

    Kucing saya sering tidur, lemes, badan panas, dan tidak mau makan. Cara penangannya gmn ya?mohon di jawab.

  8. Avatar of danu

    Kucing saya demam pertolongan pertama gmn ya ?

  9. Avatar of lily

    Kucing saya ga mau makan ga mau minum tidur terus malam sampek ketemu malam lagi.. Ngobatinya gimana ya? Berat badannya juga mulai menurun.. Kasian liatnya

  10. Avatar of mariska

    Kasih obat penurun panas yg alami saja…ekstrak cacing tanah fermino/vermint…satu kapsul dibuka dibagi jd 3 kapsul kecil (beli kapsul kosong di apotik yg nomer 3 yg kecil). Drpd yg kimia bahaya.

  11. Avatar of ike

    Kenapa ya kucing saya tidak mau besar2, sedangkan kucing seusianya sudah besar2..
    Dan sekarang badannya makin lama makin kurus dan nafsu makan pun berkurang..
    Bagaimana cara saya mengobatinya..??

  12. Avatar of caz_putri

    Beli obat kutu kucing dmn?
    Obat panas nya apa y?
    Di jual bebas gak sih… Thx

  13. Avatar of julian

    Bagaimana cara nya memberikan makan pada kucing sakit agar si kucing tidak tersendak atau dimuntahkan lagi?

  14. Avatar of ifah

    Kucing sy sakit, tp masih kecil bgt, umurnya masih beberapa minggu, gimana ya cara nanganinya ?? Kasihan badannya tambah kurus krna gmau makan, suka mencret juga..

  15. Avatar of iref

    Gimana utk perawatan kucing seperti sariawan, lidah luka dan badannya panas tidak mau makan
    Tks infonya

  16. Avatar of johannes

    Gimana kucing saya batuk terua kadang kadang muntah bisa mau makan tapi gak mau minum trus sering tidur

  17. Avatar of astri

    Gmn kucing saya gak mau makan ga mau minum kyak mau BAB tp ga bisa tidurnya disudut kmar mandi

  18. Avatar of viana rahmawati

    Kucing saya luka di bagian leher tidak sembuh sembuh akibat berkelahi dengan kucing lain. Bagaimana cara mengobatinya ya?

  19. Avatar of drs

    Kak saya mau nanya mohon bantuannya. Drumah saya ada kucing biasa bukan kucing peliharaan dia baru abis melahirkan. Beberapa hari kemudian dia jadi gak nafsu makan bahkan dikasih makanan dia gak mau makan. Dikasih minjm dia gak mau minum. Diem aja gak ada suaranya. Tiduran mulu lemes gak mau ngapa2in saya bingung ya mau gimana. Kira2 harus dikasih apa ya biar dia mau makan atau obat yg perlu dikasih biar dia mau makan dan sehat lagi.. ?

  20. Avatar of eliya fitriani

    Kucing sya demam, tpi makannya ttp,, tapi agak murunh dia kenap ya plis blas aq kasihan

  21. Avatar of syafroni

    Kucing saya sudah 3 hari tidak mau makan, & berjemur dekat terik matahari

  22. Avatar of rizky amaliyah

    Saya punya kucing,
    Tiba-kucing saya tidak nafsu makan,demam panas,dan matanya berair..
    Itu knapa ya ?

  23. Avatar of johan

    Kucing saya ngga mau makan terus jalan nya sempoyongan terus mata dan hidung nya kluar air terus apa ya obat nya dan bli nya dimana?

  24. Avatar of kaia

    kucing saya lemas terus bulunya jadi rontok gitu banyak. pertolongan pertamanya gimana ya, mau ke dokter hewan yg dekat tp sudah pada tutup

  25. Avatar of afina

    Permisi mba irma,, mau tanya apa kucingnya masih sakit? Atau sudah sembuh? Kalo sudah sembuh bagaimana cara mengobatinya? Karena kucing saya juga mengalami sakit yg sama😢

  26. Avatar of lila

    Kucing saya badna nya panas tidur terus tetapi makan nya doyan cara mengatasi nya bagaimana yah terimakasih dok

  27. Avatar of suhardi

    Saya ada memelihara kucing kak, tpi kucing biasa. . .dia muntah trus nafsu makan y berkurang. . .itu gmna cara penanganannya kak. . .tlong d bls y kak

  28. Avatar of dewi ernawati

    Mau tanya..klo kucing sakit muntah, ga mau makan minum, nafasnya terengah-engah..saya takut seperti kucing saya yang satunya dy mati sakitnya seperti itu jg..apa mungkin kucing saya yg ini tertular?? Atau terkena virus??obat apa yg harus saya kasih, terima kasih..

  29. Avatar of anggun purnamasari
    Anggun Purnamasari

    Kucing saya demam, badannya panas. Bangun pun dianya susah, suaranya juga serak tidak seperti biasa nya, tapi dianya masih nafsu makan. Kendala saya kota tempat tinggal saya tdk ada klinik hewan. Saya bingung plus sedih tindakan nya mesti gmana. Kak bisa kasi solusi mesti gmana?

  30. Avatar of anggun purnamasari
    Anggun Purnamasari

    Sama kak dgn kucing saya, di kota saya belum ada klinik hewan. Saya sedih ngga tau mesti ngapain.

  31. Avatar of chelsea

    Mau nanyak mbak.kucing saya suda 5 hari gk mau makn mbakbawaan ya tdr saja.badan ya lemas.penyebab ya apa ya mbak

  32. Avatar of egi

    Ini sama kaya kucing saya

  33. Avatar of ramadhan

    Sayah mu nyari obat kucing sayah udah kurus gk tau knapaa ..jarang makan dan tidur mulu

  34. Avatar of intan dwi anggreani
    Intan Dwi Anggreani

    Sya punya kucing, tapi kucing liar msih kecil nggak terlalu kecil lah. Biasanya dia gembira, kadang lompat2 sndri, tpi pas mau saya kasih makan kucing saya lemas skli bahkan caranya bcara seperti ada yg tersangkut, trs dia jga kaku dan gemetaran. Dimulut kucing saya terdapat banyak pasir. Lehernya seperti mau patah, saya kasih makan ini tdk mau, diberi minum jga tdk mau. Bgaimana cara menanganinya? Tolong bantu saya

  35. Avatar of tasya syifa aulia
    Tasya syifa aulia

    Saya punya kucing biasanya dia ceria, minta makan terus, tapi tadi bulunya ngejigrak semua, badanya juga panas, dan gak mau mkn.tolong yaa berikan solusinya saya sangat membutuhkan solusiii

  36. Avatar of muhammad irfan
    muhammad irfan

    kan sayahh lagi kerja eh ada kucing deketin sayah kucingnya kecil tapi pass sayah kasi makan . mau di makan tapi pass sayah kasi air putih gak di minum , tapi kucingnya malah mau muntahh , dan perutnya kaya membesarr , apakahh kucinya sakit , matanya keluar belek , dan kupingnya kaya luka bakarr gimana yaa supaya kucingnya baik baik saja

  37. Avatar of ita septiana

    Maaf, kucing saya masih usia 1 bulan. Dua hari ini muntah kuning. Kucing saya blm makan makanan kucing. Cuma minum asi induknya saja. Gimana dok, tolong solusinya
    😥🙏🙏🙏.
    Saya ucapkan terima kasih utk bantuan solusinya.

  38. Avatar of eychoo

    mulanya ads 4 ekor kucing tapi yg 1 mati karna gak mau makan .terus di susul yg keduanya tidur terus gk mau makan dan muntah² dan besoknya mati terus 2 ekor lagi menyusul penyakitnya sama seperti sebelumnya dan mati juga skrg kucing yg terakhir begitu juga tidur terus dan muntah² kalau boleh tau kenapa yh kucing saya bisa gitu ? 😭😭

  39. Avatar of sindi

    Kenapa kucing saya jalannya lemas, tidak mau makan, maunya diem dikamar mulu,, lemas sekali badannya giman????

  40. Avatar of haliza

    Pengen berbagi pengalaman nih. Kemaren kucing aku sempet Sakit parah banget sampe ga mau makan 3 hari. Badannya lemes banget demam/panas, sampe ga bisa bangun. Ga ngerespon kalo dipanggil, sering tersedak terus abis itu muntah. Aku bingung kucing aku sakitnya apa. Karna aku kerja jadi waktunya ga sempet bawa kedokter. Jadi langsung mikir gimana cara ngerawat kucing sakit. Aku coba baca-baca di internet tentang obat yg cocok buat kucing. kebetulan dirumah aku ada vitamin curcuma katanya bagus karna mengandung vitamin B dan memperbaiki nafsu makan. Terus aku kasih curcuma 1 sendok teh takarannya. Sesekali aku kasih air putih sama ikan rebus cair dimasukin kedalam dot kucing biar gampang kasih makannya. Selang 2 hari Alhamdulillah kondisi kucing aku mulai pulih, dan 3 hari kemudian sudah sembuh total sehat dan aktif kembali. seneng banget rasanya

  41. Avatar of kikii

    mau tanya, biaya pengobatannya brp? kucing aku demam trus mulutnya mengeluarkan bau busuk, lemas banget ga nafsu mkan, tidur terus, kira2 biaya ke petshopnya brp?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *