Breaking News

Ciri-Ciri Kucing Stres

Ciri-Ciri Kucing Stres – Stress? Bisa dialami oleh siapa saja dan tidak hanya manusia yang sedang stres, bahkan hewan juga bisa mengalami stress, salah satunya yaitu kucing.

Kucing stres sangat mempengaruhi kesehatan kucing, dan bisa memunculkan berbagai jenis penyakit pada kucing yang disebabkan menurunnya kekebalan imun tubuh kucing.

Ciri-Ciri Kucing Stres

Ciri-ciri kucing stress yaitu:

  1. Kucing tidak mau makan
  2. Kucing muntah – muntah dan kucing mencret
  3. Kucing mengeong terus
  4. Kucing tidak mau makan dan tidur terus menerus
  5. Kucing agresif
  6. Tingkah kucing
  7. Kucing bosan
  8. Kucing berlebihan
  9. Grooming kucing berlebihan
  10. Kucing gatal – gatal
  11. Kucing mengeong terus
  12. Kucing tidur terus
  13. Kucing suka menyendiri
  14. Kucing botak di kepala
  15. Mata kucing berair
  16. Hidung kucing berair
  17. Telinga kucing berair
  18. Kucing tidak mau makan
  19. Berat badan kucing turun

1. Kucing tidak mau makan

Kucing tidak selalu memiliki nafsu makan, terkadang nafsu makan kucing menurun dan kadang juga kucing rakus memakan makanan sampai kenyang, dan kembali kucing malas untuk makan.

Kucing tidak mau makan
Gambar Kucing Tidak Mau Makan

Kucing kamu malas makan, nafsu makan berkurang bahkan kucing tidak mau makan dan tidur terus menerus, bisa jadi kucing stres karena ada permasalahan pada sistem pencernaanya.

2. Kucing muntah – muntah dan kucing mencret

Salah satu ciri-ciri kucing stres yaitu: mengalami muntah karena masalah pencernaan yang biasa disebabkan oleh makanan yang dikonsumsi oleh kucing.

Maka dari itu kita sebagai pemilik kucing harus lebih selektif atau lebih teliti dalam hal memberikan makanan kucing supaya tidak stres.

Tetapi jika kamu sudah memperhatikan pola makannya lalu kucing masih saja tetap muntah berarti kucing kamu lagi stres.

Silahkan baca -> Penyebab kucing tidak mau makan , cara mengatasi kucing tidak mau makan

3. Kucing mengeong terus

Sebagai pecinta kucing atau pemilik kucing pasti akan paham dengan karakter dari kucingnya masing-masing, kucing akan mengeong memanggil ketika ingin makan, ingin mengajak bermain, atau bahkan ingin pup.

Terkadang kucing lebih sering mengeong daripada biasanya sampai membuat telinga kita keberisikan. Segeralah periksa kucing kamu, bisa sikucing sedang memberikan tanda bahwa ada yang tidak beres pada dirinya.

Kucing stres akan lebih sering mengeong karena rasa tidak aman yang sedang dialami kucing.

4. Kucing tidak mau makan dan tidur terus menerus

Sama halnya dengan pembahasan pada point ke #1 Kucing tidak mau makan, akan tetapi pada poin ini kucing lebih sering tidur terus menerus.

Banyak penyebabnya kucing tidak mau mau makan dan tidur terus menerus yaitu: kekurangan nutrisi yang meningkatkan nafsu makan, penyakit mulut, bosan dengan makanan itu-itu saja, sistem pencernaan kucing bermasalah.

5. Kucing agresif

Kucing bersifat lebih defensif karena kucing merasa kurang nyaman dengan keadaan sekitarnya karena itu merupakan salah satu tanda kucing stres sehingga kucing menjadi agresif.

6. Tingkah kucing

Tingkah kucing aneh, contohnya kucing mendekat kekita karena ingin dimanja setelah kita respon tetapi kucing menjadi galak, memang kucing ambigu ketika stres.

7. Kucing bosan

Kucing bosan cenderung terlihat lemas, tidak mau makan dan menjadi stress. Selalu pantau kucing kamu dan sesekali ajak kucing untuk bermain.

8. Kucing berlebihan

Maksudnya apa nih kok kucing berlebihan? Perhatikan saja kucing akan bertingkah berlebihan dari biasanya seperti mengeong berlebihan, pup berlebihan, buang air kecil berlebihan bahkan lebih sensitif dari biasanya.

9. Grooming kucing berlebihan

Grooming secara berlebihan dan tidak teratur akan berdampak buruk pada kucing seperti halnya kucing yang menjilati bulu yang ada pada badannya secara berlebihan dapat membuat rontok bulunya, kemungkinan kucing sedang mengalami stres.

10. Kucing gatal – gatal

Kebersihan lingkungan kucing harus lebih terkendali supaya kucing tidak merasakan gatal-gatal yang membuat kucing selalu menggaruk tubuh mereka dan dapat membuat kucing tidak nyaman itu bisa mengakibatkan kucing menjadi stress.

11. Kucing mengeong terus

Kucing mengeong terus dan lebih berisik dari biasanya memang harus kita atasi sesegera mungkin.

Suara yang sering dikeluarkan seperti itu memiliki kemungkinan besar bahwa kucing sedang mengadu kepada orang sekitar dengan keadaan dirinya yang sedang tidak baik.

12. Kucing tidur terus

Kucing memang dapat tidur hingga lebih dari 10 jam sehari, akan tetapi pola tidur kucing yang lebih sering tidur terus menerus dan jarang berinteraksi. Hal itu bisa menjadi kemungkinan bahwa kucing kamu stres.

13. Kucing suka menyendiri

Kucing suka menyendiri adalah hal utama yang akan dilakukan oleh si kucing jika stres, itu merupakan ciri utama dari kucing stres yang paling sering terjadi. Terkadang kucing juga bisa stress saat perjalanan.

14. Kucing botak di kepala

Kucing yang sedang mengalami stres akan rontok bulunya, bulu yang rontok di kepala seperti kebotakan bisa karena grooming yang berlebihan sehingga kucing tidak merasa nyaman.

15. Mata kucing berair

Mata kucing berair merupakan salah satu dampak kucing stres karena kucing stres mudah terserang penyakin seperti flu.

16. Hidung kucing berair

Ini masih berlanjut dari poin ke 15 mata kucing berair, selain mata yang berair juga hidungnya berair berlebihan.

17. Telinga kucing berair

Telinga kucing berair bahkan mengeluarkan aroma yang kurang sedap bisa saja kemasukan benda asing dan kotoran yang menggumpal sehingga membuat kucing tidak nyaman lalu kucing akan selalu menggaruk secara terus menerus.

Jika kita tidak membantunya untuk mengatasi hal tersebut maka kucing akan stres.

18. Berat badan kucing turun

Berat badan kucing turun adalah suatu hal yang sangat tidak diinginkan oleh pemilik kucing, jika kucing turun berat badannya maka kucing sudah dipastikan tidak ada asupan nutrisi dan makanan sebagai sumber tenaganya, kucing yang sedang stres bisa berdampak penurunan berat badan kucing.

Kak, kok cuma ciri cirinya doang? Bagaimana solusinya? Tenang saja kami kami juga memberikan penanggulannya.

Silahkan baca : cara mengatasi kucing stres

X CLOSE
Advertisements